Air Kran Nyetrum, Apa Penyebabnya Dan Bagaimana Cara Mengatasinya

  • Admin
  • 13 Apr 2022

Pada saat ingin membuka kran air yang terbuat dari logam, anda terkejut karena terasa nyetrum.

Atau mungkin kran air anda terbuat dari plastik, tetapi sewaktu anda menyentuh air dari kran tersebut anda terkejut akibat setruman arus listrik.

Pernahkah anda mengalami hal tersebut? Jika ya, anda harus berhati-hati dan mengecek pompa air anda.

Pasalnya problem aliran listrik ini seringkali disebabkan oleh masalah pada pompa air, selain itu bisa juga terjadi akibat arus induksi dari petir namun jarang terjadi.

Segala jenis pompa air, baik itu pompa air sumur dangkal, pompa air jetpump, pompa booster (pendorong), dll dapat mengalami masalah kebocoran arus listrik yang berbahaya.

penyebab pompa air nyetrum

Berikut ini adalah beberapa masalah yang menyebabkan mesin pompa air di rumah nyetrum.

1. Pemasangan grounding yang tidak tepat

Grounding adalah jalur pada instalasi listrik yang dapat menghilangkan beda potensial, fungsinya melepaskan muatan berlebih pada peralatan listrik maupun pada instalasi listrik.

Seringkali pembuatan grounding yang tidak tepat menyebabkan mesin pompa air nyetrum airnya. Tidak hanya pada pompa, masalah grounding juga dapat terjadi pada peralatan elektronik lainnya, seperti mesin cuci, kulkas, AC, dan lain-lain.

Pada beberapa alat elektrikal dan alat elektronik tertentu, ada yang colokan kabelnya hanya memiliki satu sisi grounding dan pemasangan yang terbalik dapat menyebabkan tidak terhubungnya alat tersebut dengan grounding. Solusi untuk peralatan listrik seperti ini adalah dengan membalikkan colokan kabel power-nya pada stop kontak.

2. Dinamo pompa air terbakar

Korsleting atau arus pendek pada dinamo pompa air sering juga mengakibatkan muatan listrik bocor dan merembet ke air kran rumah.

Biasanya korsleting pada dinamo pompa air akan memicu MCB pada rumah anda turun, namun ada juga beberapa kejadian dimana ada kebocoran arus listrik seperti ini namun tidak menyebabkan turunnya posisi MCB.

Untuk mengetahui kondisi dinamo pompa air terbakar, sangat mudah. Anda dapat mencium aroma gosong di sekitar pompa air tersebut. Cara lainnya adalah dengan menempelkan tespen ke dinamo pompa air, apabila menyala berarti terdapat kebocoran arus listrik.

Apabila dinamo pompa air anda terbakar, ada beberapa pilihan solusi yang dapat anda tempuh:

  1. klaim garansi pompa air apabila masih dalam masa garansi,
  2. servis pompa air di tukang servis (biasanya tukang gulung dinamo juga dapat melakukannya),
  3. membeli pompa air yang baru.

3. Kapasitor mengalami kebocoran atau kerusakan

Kapasitor berfungsi untuk menyimpan muatan listrik, komponen listrik ini bekerja pada saat awal mula pompa air dinyalakan. Kerusakan pada kapasitor pompa air dapat kita kenali dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Ada bau gosong seperti terbakar
  • Kapasitor meleleh
  • Kapasitor bergelembung di bagian atas atau bawah
  • Terdapat retak pada bodi kapasitor seperti mau pecah

Pada beberapa kasus, mungkin saja kapasitor di dalam pompa air tidak rusak total, hanya mengalami keausan. Biasanya hal ini tidak langsung menyebabkan pompa air mati, namun hanya lemah dan tidak dapat bekerja dengan benar.

Walaupun jarang, kadangkala ada juga kasus dimana kapasitor yang bocor ini menyalurkan arus listrik pada bagian pompa air sehingga aliran air kran rumah anda juga terasa nyetrum.

4. Kabel instalasi yang tekelupas

Biasanya kasus kabel terkelupas ini terjadi pada pompa air lama yang telah beberapa kali diperbaiki.

Hal seperti ini hanya terjadi apabila tukang servis pompanya sangat teledor dan tidak hati-hati. Namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi akibat faktor yang tidak diperhitungkan.

Selain dapat menyebabkan korsleting, kabel yang terkelupas dan menempel pada bodi pompa air jelas sangat berbahaya karena akan mengalirkan arus listrik via aliran air kran.

Itulah 4 hal yang dapat menyebabkan air kran di rumah anda nyetrum. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan anda tentang kenapa pompa air nyetrum.

Social Share