Cara Menemukan Kebocoran Pipa Di Dalam Tembok Dan Cara Memperbaikinya

  • Admin
  • 31 Oct 2022

Pompa air anda sering nyala padahal tidak ada keran air yang terbuka? Air di toren cepat habis? Tembok rumah anda lembab?

Bisa jadi ada kebocoran pada jalur pipa air di rumah anda.

Jangan tunggu lebih lama lagi untuk memperbaikinya, pipa air yang mengalami kebocoran dapat membahayakan kondisi rumah anda. Bisa saja aliran air dapat menyebabkan hubungan arus pendek listrik jika area kebocoran dekat dengan jalur listrik. Atau bisa juga kebocoran di dalam dinding menyebabkan keropos.

Saat ini instalasi pipa air pada rumah mayoritas menggunakan pipa PVC yang ditanam di dalam tembok bangunan agar bangunan terlihat rapi dan lebih estetik. Akan tetapi kekurangan dari pemasangan pipa PVC di dalam tembok ini adalah sulitnya perbaikan apabila terjadi kebocoran.

Pertama-tama, kita perlu mencari tau posisi kebocoran pipa air terlebih dulu. Kemudian kita harus membobok sebagian tembok, baru kemudian kita bisa memperbaiki pipa air yang bocor tersebut.

Pipa PVC Bocor di dalam tembok rumah dapat dideteksi oleh pemilik rumah atau apabila dirasa sulit, dapat juga menggunakan jasa tukang pipa yang telah berpengalaman. Pada artikel ini kami akan membantu anda mendeteksi kebocoran pipa air dan memperbaikinya lewat tips di bawah ini.

Cara Mendeteksi Kebocoran Pada Pipa PVC di Dalam Dinding

1. Perhatikan Kondisi Lembab Dan Jamur Pada Tembok

Apabila dinding rumah anda berjamur atau seringkali mengalami kondisi lembab padahal tidak terkena air hujan, ada kemungkinan terjadi kebocoran pipa air di dalam tembok tersebut.

Pada instalasi jalur pipa air yang menggunakan pompa pendorong (booster), kondisi lembab ini akan terlihat dengan sangat jelas, pasalnya tekanan air pada area pipa yang bocor akan lebih kuat dibandingkan dengan instalasi pipa air yang tidak menggunakan pompa pendorong.

Pada beberapa kasus kebocoran di rumah bertingkat, air dari kebocoran pipa air ini dapat pula merembes hingga ke lantai di bawahnya.

2. Perhatikan warna cat yang bebeda pada tembok anda.

Pada umumnya jika tembok rumah terus menerus terkena air dari kebocoran pipa, maka akan merubah warna cat di area yang terdampak.

Cobalah perhatikan apabila tembok rumah anda memiliki gradasi warna yang berbeda dengan area sekitarnya. Warna gradasi cat ini bisa lebih gelap, bisa juga malah lebih pudar dari sekitarnya. Atau bila cat tembok rumah anda berwarna putih, biasanya akan berubah jadi agak kekuningan pada area kebocoran pipa.

3. Perhatikan tekstur cat pada tembok.

Permukaan tembok pada area kebocoran pipa air dapat membuat catnya menjadi terkelupas dan bergelombang seperti ada gelembung di dalamnya. Jika anda menemukan area tembok seperti ini pada rumah anda, patut diwaspadai terjadi kebocoran pipa air di area tembok tersebut.

4. Dengarkan suara tetesan air pada area tembok.

Anda dapat menggunakan stetoskop apabila tersedia untuk membantu anda mendengarkan suara di dalam tembok. Atau bila tidak ada, anda dapat menempelkan kuping anda langsung pada area tembok yang disinyalir terjadi kebocoran pipa air tersebut. Tapi sebelumnya pastikan dulu tidak ada arus listrik di sekitarnya.

Biasanya langkah ini dapat anda lakukan setelah melakukan 3 langkah di atas terlebih dahulu untuk memastikan lokasi kebocoran pipa air.

Cobalah untuk mematikan semua keran air lalu coba dengarkan suara tetesan air pada tembok yang diduga terjadi kebocoran. Apabila anda mendengar suara air samar-samar, maka dapat dipastikan kebocoran pipa air berada dekat pada area tersebut.

Cara Memperbaiki Pipa Bocor Di Dalam Tembok

Setelah menemukan lokasi dari kebocoran pipa air pada dinding rumah anda, selanjutnya anda dapat mulai menangani akibat dari kebocoran tersebut.

Pada umumnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kebocoran pipa PVC di dalam tembok, yakni:

  • terjadinya water hammer yang mengakibatkan tekanan di dalam pipa naik melebihi kekuatan pipa,
  • penyambungan pipa yang kurang bagus,
  • umur pipa yang sudah tua,
  • terjadi pergeseran tembok akibat gempa,
  • dll.

Untuk menangani kebocoran pipa air di dalam tembok, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membobok tembok di area jalur pipa yang bocor. Namun sebelumnya anda perlu mematikan pompa air, mematikan pompa booster dan menutup kran dari toren air.

Apabila area yang bocor membutuhkan perawatan khusus dan sebisa mungkin tidak basah, maka anda perlu menguras air yang ada di dalam instalasi pipa terlebih dulu.

Membobok Tembok pada lokasi pipa bocor

Proses penggalian dinding untuk menemukan pipa PVC yang bocor membutuhkan kesabaran dan kehati-hatian, pasalnya anda tidak ingin merusak lebih banyak komponen. Apabila anda tidak yakin dapat mengerjakannya sendiri, anda dapat menghubungi jasa perbaikan pipa terdekat dari lokasi anda.

Cara Memperbaiki Pipa Bocor Di Dalam Dinding

Ada dua alternatif cara yang dapat ditempuh untuk memperbaiki pipa bocor di dalam tembok: menambal pipa atau dengan mengganti sebagian pipa.

1. Menambal pipa bocor

Prosedur ini ditempuh apabila kondisi pipa masih sangat baik dan tingkat kebocoran bisa dibilang tidak parah (kecil, bocor halus).

Pada kebocoran pada area sambungan pipa dengan fitting, anda dapat menambahkan lem pipa pvc dan seal tape pada area yang bocor. Namun perlu diperhatikan, proses penambalan harus dilakukan sebaik mungkin untuk menghindari kebocoran lagi di kemudian hari.

Pada kasus kebocoran di badan pipa (karena terkena mata bor), anda dapat menggunakan repair socket. Atau jika tidak tersedia repair socket, anda dapat membuatnya sendiri dengan menggergaji pipa berdiameter sama dengan pipa yang akan diganti secara sejajar. Pipa yang telah digergaji sejajar tersebut kemudian dapat dilem dan dimasukkan pada area pipa yang bolong.

2. Mengganti pipa bocor

Sebelum mengganti, pastikan anda menggunakan pipa dengan standard yang sama dan ukuran yang sama. Ukur juga panjang pipa yang sekiranya dibutuhkan untuk mengganti jalur pipa yang bocor.

Kemungkinan besar anda akan mengalami kesulitan pada saat mengganti pipa karena membutuhkan ruang tambahan untuk melengkungkan pipa. Ada 2 alternatif cara yang dapat anda gunakan untuk mengakalinya:

1. Menggunakan 4 buah elbow untuk membelokkan pipa dan menyambungnya kembali.

2. Sedikit memanaskan pipa agar mudah dilengkungkan dan disambungkan kembali.

Jangan lupa untuk mendiamkan area pipa yang sudah diperbaiki agar sambungan merekat sempurna. Kemudian jangan lupa juga untuk melakukan pengetesan setelah penyambungan agar anda dapat benar-benar yakin bahwa sambungan tidak akan mengalami kebocoran lagi.

Perbaikan Tembok Pada Area Pipa Bocor

Setelah perbaikan pada pipa bocor telah selesai, langkah terakhir adalah memperbaiki tembok yang dibobok.

Pastikan anda menggunakan adukan semen yang sesuai untuk dinding anda dan gunakan juga cat dengan warna dan tipe yang sama dengan yang digunakan sebelumnya.

Walaupun terlihat sederhana, faktanya perbaikan pipa bocor dalam dinding memang tidak mudah untuk dilakukan, apalagi oleh pemula. Memperbaiki pipa bocor di dalam tembok membutuhkan ketrampilan, pengalaman, peralatan, tenaga dan waktu yang tidak sedikit agar hasilnya memuaskan dan memberikan rasa aman. Kami menyarankan untuk menggunakan jasa tukang pipa, ahli plumbing untuk solusi perpipaan bocor pada bangunan anda.

Semoga artikel ini membantu.

Social Share