3 Mitos Membuang Minyak Goreng Bekas Di Bak Cuci Piring

  • Admin
  • 1 Nov 2022

Menggoreng adalah salah satu kegiatan memasak tidak dapat dipisahkan dari budaya kuliner di segala penjuru dunia. Karena itu wajar apabila setiap rumah tangga menghasilkan limbah minyak goreng bekas.

Sayangnya banyak orang belum mengerti cara membuang minyak goreng bekas. Pasalnya masih ada saja orang yang membuang minyak goreng bekas di bak cuci piring padahal hal tersebut tidak boleh dilakukan.

Kenapa minyak goreng bekas tidak boleh dibuang di bak cuci piring (kitchen sink)?

stop, jangan buang minyak goreng di kitchen sink

Karena minyak goreng bekas akan menjadi lengket dan menggumpal di dalam permukaan pipa sehingga menyumbat saluran air buangan. Kalau sudah tersumbat, saluran air yang tersumbat ini akan menimbulkan bau tidak sedap. Kalau pipa air sudah mampet, anda bakal harus mengeluarkan biaya perbaikan untuk membayar tukang pipa.

Maka dari itu, mulai sekarang hindari membuang minyak jelantah ke wastafel maupun bak cuci piring ya sobat.

Cara Membuang Minyak Goreng Bekas Pakai

Membuang minyak goreng bekas yang benar memang sedikit merepotkan, tapi percayalah ini akan lebih mudah dan murah daripada harus menyewa jasa perbaikan pipa mampet.

Langkah pertama untuk membuang minyak goreng bekas adalah menyiapkan wadahnya. Jangan lupa siapkan corong juga agar saat menuang minyak goreng bekas tidak berceceran kemana-mana.

Anda dapat menggunakan botol plastik bekas air mineral, jerry can (jerigen) bekas, toples sementara, dll.

Jika anda memutuskan untuk membuang minyak bekas ke tempat sampah, anda hanya perlu memasukannya ke botol plastik atau plastik sayur.

Atau jika anda ingin mendapatkan uang tambahan dengan menjual minyak goreng bekas tadi, anda dapat mengumpulkannya terlebih dahulu di dalam wadah penampungan sementara yang berukuran besar seperti jerry can atau drum bekas lalu kemudian menjualnya ke pengepul.

Saat ini permintaan akan minyak goreng bekas sedang mengalami kenaikan karena limbah ini ternyata dapat diolah lagi menjadi biodiesel untuk bahan bakar mesin diesel. Jadi jangan heran apabila ada banyak orang yang menekuni bisnis ini dan menawarkan door to door untuk membeli minyak goreng bekas.

Saya sudah menuang minyak goreng bekas ke wadah, tapi masih ada sisa lapisan minyak goreng yang menempel di wajan. Apakah tidak apa-apa kalau wajan berlapis minyak goreng tadi dicuci langsung di bak cuci piring?

Jangan pikir setetes dua tetes minyak goreng tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Penyumbatan saluran air buangan dari kitchen sink anda mungkin tidak akan langsung mampet.

Tapi apabila kondisi ini terus menerus terjadi, bukan tidak mungkin pipa buangan di bawah kitchen sink anda akan tersumbat.

Sebelum menuangkan minyak goreng bekas dari wajan ke wadah pembuangan, pastikan dulu suhu minyak dan wajan sudah dingin.

Usahakan untuk selalu mengelap sisa lapisan minyak goreng pada wajan dengan tissue sebelum mencucinya di bak cuci piring. Anda dapat menggunakan tissue paling murah untuk mengelap sisa minyak goreng bekas pada wajan.

Ini adalah cara terbaik untuk membuang minyak goreng bekas pakai. Jangan biarkan sedikitpun masuk ke dalam saluran pipa di rumah anda.

Begitu juga dengan sampah makanan yang berlemak/berminyak seperti kuah santan. Lebih baik anda masukan ke dalam kantong plastik terlebih dulu, lalu kemudian membuangnya di tempat sampah.

3 Mitos Yang Salah Mengenai Membuang Minyak Goreng Bekas Di Kitchen Sink

1. Sabun cuci piring dapat membuka sumbatan minyak

Memang betul sabun cuci piring dapat memecah lemak, tapi apabila minyak goreng sudah membentuk sumbatan, jangan harap anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan menuangkan puluhan liter sabun pencuci piring ke dalam pipa tersumbat.

Sabun cuci piring biasanya bekerja maksimal dengan adanya gosokan spons untuk melunturkan lemak. Hal ini tidak dapat dilakukan pada saluran pipa yang tersumbat, apalagi saluran pipa tersebut berkelok-kelok. Anda perlu tukang pipa professional yang memiliki alat khusus untuk membuka pipa air buangan yang mampet tadi.

2. Minyak goreng bekas bersifat cair pada suhu ruang, jadi tidak akan menyumbat pipa

Salah.

Minyak goreng bekas akan menggumpal menyerupai jelly yang lengket apabila menempel pada permukaan pipa dalam jangka waktu yang lama.

Seiring waktu, kotoran dan sisa makanan yang masuk ke dalam pipa tersebut akan tersangkut di gumpalan lemak tadi. Semakin lama maka gumpalan tadi akan membentuk sumbatan pada permukaan dalam pipa.

3. Air panas akan menyelesaikan masalah

Salah juga.

Setelah membentuk gumpalan, minyak dan lemak di dalam saluran pipa memang dapat melunak apabila terkena air panas. Tapi biasanya tidak berubah menjadi bentuk cair lagi.

Seringkali air panas atau bahkan kombinasi air panas dengan soda digunakan untuk melarutkan sumbatan pada pipa. Biasanya dengan cara ini yang terjadi malah akan merusak saluran pipa, apalagi pipa PVC yang tidak tahan panas tinggi.

Jadi cara paling sederhana agar saluran pipa buangan di rumah anda tidak tersumbat adalah dengan menghindari membuang minyak goreng bekas ke dalam bak cuci piring maupun saluran pembuangan lainnya.

Semoga membantu anda sekalian memberikan pengetahuan baru mengenai perpipaan. Pantengin terus artikel seputar perpipaan hanya di PipaPedia!

Social Share