Mengenal Jenis-Jenis Sambungan Pipa HDPE Dan Fungsinya

  • Admin
  • 9 Feb 2022

Pada proyek pemasangan jalur pipa HDPE seringkali membutuhkan sambungan atau fitting untuk mengakomodir kebutuhan di lapangan. Belokkan dan percabangan adalah 2 hal yang paling umum ditemui pada jalur pipa, selain itu ada pula penyambungan ke jalur pipa lainnya yang membutuhkan koneksi drat maupun koneksi flange.

Supaya anda dapat mengerjakan instalasi pipa dengan baik, sangat penting mengetahui jenis-jenis sambungan pipa HDPE untuk proyek anda. Berikut ini penjelasan detailnya.

Sambungan/Fitting HDPE Compression Joint

Sambungan ini dibuat untuk sistem penyambungan pipa HDPE ukuran kecil, biasanya sambungan HDPE tipe compression joint yang tersedia pasaran memiliki di bawah ukuran 3 inch.

Sistem penyambungan compression joint tidak membutuhkan alat pemanas khusus maupun lem. Anda hanya perlu memasukkan ujung pipa HDPE pada fitting compression joint lalu kemudian memutar sambungan tersebut sampai kencang.

Bagaimana mengenai kekuatan sambungan ini? Pressure rating yang tersedia untuk fitting/sambungan HDPE compression joint biasanya maksimal hanya sampai 10 bar.

Apa saja tipe sambungan/fitting compression joint yang umum tersedia di pasaran? Silahkan lihat selengkapnya di bawah ini.

Socket atau coupler HDPE Compression joint

socket HDPE compression joint

Berfungsi untuk menyambung lurus pipa HDPE.

Elbow atau Knee HDPE Compression Joint

elbow HDPE compression joint

Berfungsi untuk membelokkan jalur pipa HDPE.

Tee HDPE Compression Joint

tee HDPE compression joint

Berfungsi untuk membuat percabangan jalur pipa secara tegak lurus (90°).

Reducer HDPE Compression Joint

reducer HDPE compression Joint

Berfungsi untuk menyambung pipa HDPE dari ukuran yang lebih besar dengan ukuran yang lebih kecil.

Male Thread Adaptor (Socket Drat Luar) HDPE Compression Joint

male thread adaptor atau socket drat luar HDPE compression joint

Berfungsi untuk menyambung lurus pipa HDPE. Satu sisi memiliki tipe penyambungan compression joint dan sistem sambungan drat luar pada sisi sambungan lainnya.

Female Thread Adaptor (Socket Drat Dalam) HDPE Compression Joint

sock drat dalam HDPE compression joint

Berfungsi untuk menyambung lurus pipa HDPE. Satu sisi memiliki tipe penyambungan compression joint dan sistem sambungan drat dalam pada sisi sambungan lainnya.

Female Thread Tee (Tee Drat Dalam) HDPE Compression Joint

tee drat dalam HDPE compression joint

Berfungsi seperti tee tapi memiliki satu ujung drat dalam pada cabang vertikalnya. Ujung drat dalamnya dapat disambungkan ke fitting lain yang ujungnya drat luar atau bisa juga dikoneksikan dengan keran atau valve.

Male Thread Elbow HDPE

KDL atau keni drat luar HDPE compression joint

Berfungsi untuk membelokkan jalur pipa HDPE. Satu sisi penyambungannya tipe compression joint, satu sisi lagi berupa drat luar.

Female Thread Elbow HDPE

elbow drat dalam (KDD) HDPE compression joint

Berfungsi untuk membelokkan jalur pipa HDPE. Satu sisi penyambungannya tipe compression joint, satu sisi lagi berupa drat dalam.

Clamp Saddle HDPE

clamp saddle HDPE

Berfungsi untuk membuat percabangan jalur pipa HDPE seperti pada tee. Kelebihan clamp saddle HDPE dibandingkan dengan tee ada pada cara instalasinya yang dapat dilakukan pada pipa HDPE existing.

Pemasangan clamp saddle HDPE dilakukan dalam 3 tahap.

  1. Tentukan titik percabangan, pasang cover clamp saddle, kencangkan mur dan bautnya.
  2. Bor titik percabangan (pembuatan lubang baru).
  3. Pasang sambungan pipa baru ke clamp saddle.

Pastikan clamp saddle yang dipasang memiliki kualitas yang baik dan perhatikan dengan seksama pemasangannya untuk menghindari kebocoran. Untuk keamanan ekstra, anda dapat menambahkan seal tape pada sisi pipa yang tertutup oleh clamp saddle.

Cap HDPE

end cap HDPE compression joint

Berfungsi untuk menutup pipa pada jalur yang belum dibutuhkan untuk disambung.

Social Share